03 September 2008

Pentingnya LED di Transmisi

Pernah mendengar/melihat LED (light emitting diode) ? Sebuah lampu kecil yang dapat dinyalakan dengan arus DC yang biasa digunakan untuk mainan sederhana 'flip-flop'. *duh, jadi inget jaman SMP saat PCB flip-flop masih seharga 150 perak*.

Pada bagian transmisi, LED sangat berperan penting untuk membantu percepatan kelancaran koneksi kabel (E1). Dimana fungsinya untuk 'meyakinkan' TX (transmit) sudah dapat diterima pada hop berikutnya (ingat, LED hanya dapat memberikan info antar hop, bukan end-to-end). So, jangan lihat harganya yang super murah (mungkin sekarang udah seribu perak, padahal dulu jaman ane SMP masih seharga ratusan perak), namun di sisi lain LED ini justru memberikan manfaat yang sangat besar pada dunia telekomunikasi (transmisi).

4 komentar:

Wilson Sun mengatakan...

Wah thanks buat infonya. Ini meyakinkan aku tentang kata temanku. Aku masih newbie nih. Bisa gak ya dijelasin apa yg dimaksud hop?Terus pada koneksi cross connect, harus dimulai dari urutan warna yang benar juga ya?mksdnya yang di bagian bawah LSA itu? Thx ya

Lukman Chakim mengatakan...

1 hop bisa dimisalkan 1 pasang DDF, baik DDF antar radio atau antar interface/perangkat.
Maaf mas, untuk pewarnaan cabling mungkin bisa googling ya, yang saya bahas sebatas pada cabling E1 atau standard G.703
Maaf, yang anda maksud dibawah LSA yang mana nih ? *bingung*

salam,

Wilson Sun mengatakan...

oh yang urutan warna tu maksudnya pasangan Tx dan Rx. yang bohca itu,kan biasanya gini:
biru-putih(Tx-channel-0)
orange-putih(Rx-channel-0)
hijau-putih(Tx-channel-1)
coklat-putih(Rx-channel-1)
dst

Kalo koneksi antar perangkat kan E1 dari kita connnect ke DDF bagian atas LSA, lalu untuk nyambung ke LSA perangkat lain, kita pasang kabel dari bagian bawah LSA punya kita tadi menuju ke bagian bawah LSA perangkat lain.

Untuk cross connect, misalnya biru-putih di LSA kita bagian bawah dipasang sbg Tx, maka biru-putih di perangkat lain harus di Rx. Nah yang sy tanyain, apa harus mulai dari biru-putih juga?

Feelingku sih gak perlu kali ya mas, kan ujung2nya gak ada konektor apa2. Kyknya sembarang pasang juga bisa kali ya?Klo yg slh 1 ujungnya ada konektor DB50 pasti ikut urutan warna sih..

Lukman Chakim mengatakan...

sejauh yang saya tahu, untuk warna kabel tidak begitu berpengaruh mas, asal ujung-ke-ujung nya sesuai :) dan tidak kebalik antara Tx dan Rx -nya