11 September 2008

Apa Itu 'CSD' ?

Beberapa hari yang lalu, saat siang hari menjelang waktu istirahat, tiba2 hp ane bunyi, eh ternyata dari temen (baca: bos), *banyak banget yak bos ane ??? Hehehe :D*

Dan beliau sempet ngelihat 'ps-isat' (makasih bos udah sudi mampir) trus menanyakan 'ente tahu CSD ? Apa itu CSD ?', berikut jawaban yang ane lontarkan :

CSD kepanjangan dari ciscuit switch data, sebuah teknologi wireless (baca: GSM) yang memungkinkan subscriber bisa akses WAP dari handphone melalui jalur percakapan (menduduki 1 TS voice untuk 1 buah koneksi, yang mana speed rate-nya sebesar 16kbps).

Prinsipnya berbeda banget dengan GPRS sebagai pengenal teknologi 'packet switch' pada generasi 2.5g. Jika anda menggunakan koneksi CSD maka anda tidak usah repot menunggu, bisa langsung dial dan terkoneksi, sebutan lain dari koneksi ini adalah 'realtime connection' tanpa delay/jeda yang disamakan dengan trafik voice. Sedangkan jika anda menggunakan GPRS maka anda perlu ngantri ketika kondisi timeslot sektor BTS sedang penuh, menunggu sampai ada timeslot/ruang kosong tersedia, dan ini biasa disebut dengan 'not realtime connection' karena data yang dialirkan berupa paket/frame dan memungkinkan untuk pengiriman secara terpisah/berurutan untuk kemudian disusun kembali setelah melalui proses CRC data.

Just for note, koneksi CSD saat ini sudah jarang sekali digunakan/dipromosikan karena dari sisi perhitungan kurang begitu bisa mendatangkan keuntungan bagi operator karena bersifat menduduki 'dedicated channel/timeslot', sementara disisi pelanggan tarif yang diberlakukan kurang kompetitif.

**cmiiw

Tidak ada komentar: