04 Mei 2009

Sirkit Blok Saat Diduduki Call Traffic

Sesuai dengan judulnya, aku pernah menjumpai problem terkait dengan sirkit (circuits/timeslot voice) blocking saat ada call traffic ingin menduduki / melewati timeslot yang sudah ditentukan, dan ini terjadi diantara 2 buah jenis atau merk sentral/switching yang berbeda vendor/platform, yang satu sudah based-on 3G network (yang notabene punya kemampuan bisa handling IP dan TDM traffic) sementara yang satu lagi punya kemampuan mengolah TDM traffic saja. So ... to the point saja ya, beberapa hal yang sudah dicoba analisa diantaranya :

1. Cek kelurusan transmisi menggunakan BER Test pada salah satu titik terdekat dengan sentral/switching (misal: sentral A), dan loop fisik cable E1 ke arah BER Test di titik terdekat pada sentral B. Hasil BER Test OK, tanpa cacat. So ... suspect transmisi bisa dihapuskan dari daftar troubleshoot.

2. Mundur lagi, pada saat loop fisik cable E1 di sentral B, ternyata status port/DIU di sentral A sesuai dengan yang diinginkan (NCAR/No Carrier saat kabel dicabut, dan HOBB [hardware oriented block backward] saat loop dilakukan). So ... dapat dipastikan di sentral A tidak ada masalah dengan port/module-nya.

3. Mundur lagi, saat jalur transmisi diluruskan (pass-through), ternyata status trunk di sentral A menjadi NSYN (Not Sync), awalnya suspect di sisi signaling, ternyata setelah di-cek, signaling tidak ada masalah. So ... bisa dipastikan bahwa problem ada pada port/DIU/module di sentral B.
*** ternyata harus berantem dulu sama vendornya karena kekeuh pada pendapat masing2, ... hehe :p

4. Last action, ganti jumper cable, make sure lagi, reset module (hasil OK), ternyata masih kurang pe-de dan muncul ke-khawatir-an baru 'takut jika module-ya yang bermasalah' ... So, akhirnya ganti module yang 'suspect' problem dengan module yang tidak terpakai (alias nganggur) di sebelahnya. Foilaaa ... hasil maknyus dan langsung wokayyyy ;)

Catatan Khusus :
- kurangi / hindari mirror-ing cable / DDF antar shelter / gedung yang dapat mengurangi kualitas transmit sebuah Tx, karena ternyata semakin banyak singgah sebuah kabel pada DDF, nilai resistansi yang dihasilkan akan semakin besar, dan hal ini sangat mungkin menyulitkan cross-connect / troubleshooting yang dilakukan, karena hasil 'kurang pasti' -nya mengacaukan analisa yang silakukan.

Semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan / ingin didiskusikan lebih lanjut perihal topik ini, silakan japri melalui email saya. Chyao !!

Tidak ada komentar: