05 Mei 2009

(Menyembuhkan) HP yang 'Nyemplung' ke Air

Barusan browsing-browsing dan tidak sengaja mampir ngebaca status fesbuk salah satu temen yang isinya 'hp rusak nyemplung ke air' jadi menggugah otak ini untuk segera posting tutorial sederhana untuk mengatasi masalah ini (sesuai dengan yang sudah [sangat] sering saya alami :D hihi)

****
Catatan khusus :
A. Tutorial ini tidak berlaku ketika hp anda ternyata nyemplung/ terkena cipratan AIR LAUT (karena unsur garam didalamnya yang mempercepat proses karat pada komponen HP anda), air hujan masih bisa asal dilakukan secepatnya.
B. Tidak disarankan menggunakan hairdry-er dalam proses pengeringan.
C. Sudah pernah dicoba juga dalam proses pengeringan mesin printer akibat terkena air minum (teh) dengan hasil sukses.
****

Bahan-bahan :
1. HP yang telah dengan sukses kecemplung air (ya iya laaah :p).
2. Plastik atau toples (dengan tutup) yang ukurannya mencukupi untuk menampung HP anda.
3. Silica secukupnya (yang berupa bungkusan berisi pasir/ butiran berfungsi mengurangi kelembaban, dan biasanya disertakan dalam kardus modul perangkat).
4. Kesabaran.

Berikut step-by-step 'penyembuhan' -nya :
1. Segera lepas tutup baterai, baterai, casing (bila memungkinkan, tapi tidak wajib), dan simcard (sementara gunakan HP lain, bila ada).
2. Buka/ robek bungkus silica, masukkan ke dalam plastik/ toples yang sudah disiapkan, dilanjutkan dengan memasukkan HP, baterai, casing, kemudian tutup rapat plastik/ toples tersebut.
3. Biarkan selama 24 jam.

*cmiiw*

Selamat mencoba :)

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Terima kasih..saya lagi coba neh,,tips2nya...soalnya HP Blackberry aq nyemplung ke comberan...hiks..hiks..mudah2an berhasil deh tips yang diberikan.

Lukman Chakim mengatakan...

semoga berhasil ya ;)