24 April 2009

Apa itu LPDLR/LPDLM (BTS Siemens) ?

Siang ini dapat sebuah pertanyaan dari salah satu rekan, apa yang dimaksud dengan LPDLR bang (sambil nunjuk ke layar monitoring) ? Trus kalau LPDLM apa bang ?

Berikut penjelasan singkatnya (imho/cmiiw) :
1. Minta tolong paman google liatin kata kunci 'LPDLR BTS Siemens', dan mendapatkan link Dictionary ini dengan beberapa pengertian sbb.
>> LPDLR = Telecom LAPD Link on the A-bis Interface
>> LPDLM = O&M LAPD link on A-bis Interface
2. Nyari pengertian LAPD, kembali minta tolong sang paman dengan memasukkan kata kunci 'LAPD Siemens' dan dapat link Wikipedia
>> LAPD = Link Access Procedures on the D channel
>> >> Specified in ITU-T Q.920 and ITU-T Q.921, is the second layer protocol on the ISDN protocol stack in the D channel. The bit rate of the D channel of a basic rate interface is 16 kbit/s, whereas it amounts to 64 kbit/s on a primary rate interface.

*** Jadi bisa disimpulkan bahwa LPDLR (yang terletak di sebuah sektor/cell dan berada diantara TRX dan Channel/Timeslot) adalah metode/control yang menjalankan fungsi pembagian/alokasi timeslot pada TRX ke Channel yang dipancarkan pada A-bis Interface (Air Interface dari BTS ke MS (Mobile Station) / HP pelanggan. Sebuah LPDLR handle sebuah TRX.
*** Sedangkan untuk LPDLM, adalah O&M (fungsi Operation & Maintenance) LAPD link pada A-bis Interface yang mengatur LPDLR.

Begitu mungkin kira2, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: