04 November 2008

Kenapa Harus Wiraswasta ?

Sejarah berawal pada masa ane masih mengenyam pendidikan formal 12 tahun, dimana ketika isi data orang tua ane sungguh bangga saat menuliskan pekerjaan bapak ane yaitu wiraswasta, dijelaskan oleh salah satu guru semasa di SD (duh lupa euy nama gurunya) bahwa wiraswasta itu adalah kalangan orang hebat (bukan orang kaya lho) yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan dan menghidupi keluarganya dari usaha yang dijalani. Ane bangga dengan bapak ane, sangat bangga !!!

Di lain hari, lain waktu, berikut cuplikan dari sebuah percakapan yang pernah terjadi ...

A : kenapa sih cowok kok rata2 mikirnya wiraswasta ?
Z : waduh, kurang tau juga kalo ternyata itu seakan-akan jadi pandangan rata2 yak, tapi buat ane pribadi mah pengennya mandiri saja ndak ada salahnya kan menentukan nasib sendiri, menikmati kemenangan hasil jerih payah, dan belajar dari kekalahan. Dan juga buat persiapan kalo suatu saat harus pensiun (mungkin normal, mungkin juga dini), kata orang dulu mah biar dapur dirumah bisa tetep 'ngepul' (kebutuhan keluarga tidak sampai kosong)

A : lha kalo ternyata saat ini posisi lagi kerja trus punya usaha wiraswasta gimana tuh ?
Z : sebenernya sah2 saja selama kita tidak memanfaatkan fasilitas di tempat kerja sekarang, dan kalo bisa bidang wiraswastanya jangan sama dengan tempat kerja saat ini

A : untuk profesionalisme-nya gimana tuh ?
Z : ya tetep prioritas dipegang oleh tempat kerja dung, wiraswastanya jadi sekunder aja (diobrolin/dibahas waktu diluar jam kantor), makanya ente perlu orang yang bener2 dapat dipercaya dan bisa fulltime dalam pelaksanaannya, ane ambil contoh disaat ane sekarang adalah bapak ane

A : kalo ternyata perusahaan ente tahu keberadaan usaha wiraswasta ente gimana tuh ?
Z : ya nyantai aja lagi, kalo malah justru positif dan mau meminjamkan modal untuk memperbesar usaha, boleh dung. Tapi kalo ternyata negatif, di sisi lain kan ane udah ngasih bukti kalo ane bisa punya integritas tentang scope kerjaan ane, beres toh ?

A : oh gitu, ok ok
Z : mantaaappp

Tidak ada komentar: